Pelatih Baru Persija, Juara Bersama Conte di Juventus dan Chelsea 

Pelatih Baru Persija, Juara Bersama Conte di Juventus dan Chelsea 

CELOTEH RIAU--Pelatih baru Persija Jakarta, Angelo Alessio, pernah mengukir kesuksesan saat menjadi asisten Antonio Conte di Juventus dan Chelsea.

Alessio memulai karier sebagai asisten pelatih di Napoli tahun 2002. Dua tahun bersama klub yang bermarkas di Sao Paolo itu, Alessio memilih jadi pelatih klub Imolese, Massese, dan SPAL yang tampil di Serie C2.

Alessio berpetualang di tiga klub itu dari kurun waktu 2004-2008. Setelah itu, pria yang semasa aktif pernah berseragam Juventus itu berkolaborasi dengan Conte di Siena.

Bersama Conte, Alessio berhasil membawa Siena kembali promosi ke Serie A. Prestasi itu mengantarkan Conte jadi pelatih Juventus yang tetap membawa Alessio sebagai tangan kanannya.

Di Juventus, Alessio meraih kesuksesan besar dalam kariernya. Kerja sama dengan Conte di Juventus menghadirkan tiga scudetto beruntun musim 2011/2012, 2012/2013, dan 2013, 2014.

Kerja sama keduanya kemudian berlanjut ke timnas Italia. Namun, tidak ada prestasi membanggakan yang bisa diukir keduanya.

Tahun 2016, Conte menerima pinangan Chelsea. Di klub berjuluk The Blues itu, Conte kembali berkolaborasi dengan Alessio dan langsung menghadirkan gelar Premier League di musim pertama.

Semusim berselang, satu trofi lagi diraih Alessio bersama Chelsea saat jadi juara Piala FA musim 2017/2018.

Pada 2019, Alessio pisah jalan dengan Conte. Pelatih kelahiran Capaccio itu memilih untuk menukangi klub Skotlandia, Kilmarnock tetapi dipecat setelah 22 pertandingan.

Saat ini, Alessio telah resmi jadi pelatih Persija. Ia mendapatkan kontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan.

"Kami punya kontrak dengan pelatih [Alessio] satu tahun, dengan opsi perpanjangan sampai 2023," ucap Presiden klub, Muhamad Prapanca

#sepakbola

Index

Berita Lainnya

Index